Kamis, 14 April 2011

Pertemuan 4 Renderasi dan Animasi 3D

Buka Aplikasi 3D.

Buka pekerjaan terakhir.

Pilih objek Dinding.
Tekan M pada keyboard
Pilih sampel material pertama.
Klik tombol Standard.
Pilih Radio Mtl Library.
Dari daftar list pilih material Concrete Blue Stucco, lalu klik OK.
Pilih icon Assign Material To Selection.

Kecilkan Jendela Material Editor.
Render pada tampilan Perspective Preview.
Ulangi untuk Lantai dengan material Wood pada sampel material box ke dua, dan label nama pada sampel material box ke tiga.


Tutup material Editor.

Aktifkan Perspective Viewport.
Tekan C untuk menggantinya menjadi camerea Viewport.

Beralih ke Top Viewport.
Pilih target Camera dan letakkan ditengah ruang.
Perhatikan pergerakan pada Camera01 viewport.

Kembali pada Top viewport pilih Camera dan geser menjauh sehingga seluruh ruang tampak pada Camera01 viewport.

Pada Left atau Front viewport atur ketinggian dari camera, hingga seluruh ruang tampil pada Camera01 viewport.

Lakukan pembesaran Zoom Extents pada Top Viewport.
Tekan tombol Animate.
Geser roll dari 0/100 ke 50/100 pada Top Viewport
pilih camera dan geser kesebelah kanan.
Non aktifkan tombol Animate.

Pilih icon Zoom Extents All.
Jalankan tombol Play dan perhatikan pergerakan setiap viewport.

Pilih camera pada salah satu viewport.
Geser roll ke posisi 0/100.
Tekan Shift + Ctrl dan klik drag key frame pada 0/100 untuk menduplikatnya key 80/100.
Coba jalankan tombol Play, dan perhatikan jika animasi camera bergerak dan kembali ke posisi awal.

Pilih menu Rendering > Render.

Pada jendela Render Scene
Pilih Active Time Segment 0 To 100 atau isi Range dari 0 To 100 untuk Time Output

untuk Output Size pilih 640x480 atau ketik pada width 640 dan Height 480.

Klik tombol Files pada Render Output.
Tentukan folder penyimpanan dan beri nama
masing-masing, pastikan format penyimpanan adalah *.avi, lalu klik tombol Save.

Pada jendela video Compression, biarkan settingan default Cinepak Codec by Radius, lalu klik OK.
Pastikan pada bagian viewport adalah Camera01 lalu klik tombol Render.

Setelah selesai Merender.
tutup jendela Render, tutup jendela Render Scene.
Pilih menu File > Save As..
Beri nama masing-masing.
Pastikan format penyimpanan adalah *.max







Tidak ada komentar:

Posting Komentar