Jumat, 10 Juni 2011

Pertemuan 10 Renderasi dan Animasi 3D

Kamis 9 Juni 2011

Buka Aplikasi 3D

Buka pekerjaan yang terakhir dikerjakan.

Klik tombol Animate.

Klik bola Ping-Pong dalam viewport.

Pada Main toolbar, klik Select and Move.

Jika sumbu z berwarna kuning
pindahkan bola Ping-Pong ke atas. (Baru saja menentukan key untuk bola Ping-Pong pada frame 0)

Geser time slide ke frame 15, lalu pindahkan bola ke bawah keatas meja. (Gunakan kotak dialog Transform Type-In untuk menempatkan bola secara tepat diatas meja).

Klik kanan Select and Move (memunculkan kotak dialog Transform Type-In)

Masukkan nilai = 0'2" untuk sumbu Z (Menempatkan bola tepat di atas meja).

Tutup kotak dialog Transform Type-In.

Pastikan bola masih dalam keadaan terpilih./Tekan SHIFT. Pada track bar, clone/copy key dari frame 0 ke frame 30.

Tekan Play untuk memainkan animasi.

Pada time controls, klik Time Configuration.

Pada kotak dialog Time Configuration, tentukan end time = 30.

Mainkan animasi. Bola bola bergerak naik turun.

Mengatur pergerakan bola agar terlihat lebih realistis perlu mengatur Interpolasi.

Dari views menu. klik Show Ghosting.

Pindah ke menu Customize > Preferences > tab Viewports, lalu ganti Ghosting Frames menjadi 4 dan Display Nth Frame menjadi 4.

Pilih bola lalu geser time slider ke frame 14.
Mainkan Animasi.

Mengatur inbetweens, klik-kanan key track bar pada frame 14. Dari menu pilih Bola Ping-Pong Position.

Ganti nilai In untuk keyframe 2 menjadi Fast In.

Ganti nilai Out pada keyframe 2 menjadi Fast Out.

Gunakan tanda panah pada kotak dialog, ganti keyframe 2 menjadi keyframe 1.

Ganti interpolasi Out pada keyframe 1 menjadi Slow Out.
(Hal ini membuat bola menggantung/berhenti sejenak di udara sebelum molai to descend)

Ganti interpolasi In pada keyframe 1 menjadi Slow In.

Lanjutkan pada keyframe 3 lalu tentukan nilai In menjadi Slow In.

Masih pada keyframe 3, ganti interpolasi Out menjadi Slow Out.

Mainkan Animasi.
(Sekarang bola memantul dengan benar).

Tutup Jendela bola Ping-Pong Position.

Non-aktifkan tombol animate.

Klik menu Rendering.
Pilih menu Render.
Atur Time Output pada Active Time Segment:0 To 30 atau Range: 0 To 30.
Pilih Output Size 640x480.
Pilih tombol Files...
Beri nama masing-masing.
Pastikan formatnya adalah *.avi
Atur compressor: pada default yang ada (Cinepak Codec by Radius)
Klik OK.
Tentukan jenis tampilan pada Viewport: Perspective.
Lalu klik tombol Render.

Simpan pekerjaan dengan nama masing-masing, pastikan format pada *.max



Tidak ada komentar:

Posting Komentar